Ahli Kesehatan: Olahraga Secara Teratur dan Terlibat Secara Sosial Dapat Menunda Penuaan

Amastya
Kamis, 20 Oktober 2022 | 13:28 WIB
Ahli kesehatan sebut olahraga secara teratur dan terlibat secara sosial dapat menunda penuaan /net R24/tya Ahli kesehatan sebut olahraga secara teratur dan terlibat secara sosial dapat menunda penuaan /net

RIAU24.COM Kesehatan adalah kekayaan dan hadiah bagi kita. Bukan pilihan tapi kebutuhan. Di dunia era super cepat saat ini, sangat penting bagi individu untuk menjaga diri mereka tetap bugar dan berolahraga secara teratur. Kita duduk terlalu banyak dan itulah alasan kerusakan tubuh.

Baca juga: Bukan Cuma Kopi Susu, Ini 4 Makanan yang Haram Diberikan Pada Bayi 

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa berolahraga setiap hari tidak hanya membuat Anda tetap bugar, tetapi juga membantu Anda merasa percaya diri dan bebas stres.

Alat bantu jalan cepat 10 menit yang biasa dapat mengumpulkan 16 tahun kehidupan tambahan pada usia paruh baya dan juga memperlambat proses penuaan.

Menurut peneliti Profesor Jean Woo, profesor emeritus kedokteran dan direktur CUHK Jockey Club Institute of Ageing, ada tren peningkatan ketergantungan dan kelemahan yang menyertai peningkatan harapan hidup secara keseluruhan.

Gaya hidup yang tidak sehat menyebabkan banyak penyakit dan merupakan alasan utama kematian dini.

Woo menyarankan untuk sibuk, terlibat secara sosial, dan terus bergerak, demikian yang dilaporkan South China Morning Post.

"Lindungi kesehatan fisik dan mental Anda melalui perubahan gaya hidup, dan pelajari hal-hal baru untuk mengalahkan tren ketergantungan dan kelemahan yang meningkat di usia yang lebih tua. Ada tren peningkatan ketergantungan dan kelemahan yang menyertai peningkatan harapan hidup total," sarannya.

"Jalan kaki 10 menit setiap hari memperlambat laju penuaan, dan diet kaya tanaman untuk mendukung sumbu usus-otak menurunkan risiko mengalami demensia sementara terlibat secara sosial memiliki dampak yang baik dan terukur pada kesehatan otak," tambah Woo.

Masalah mobilitas terkait usia adalah pemandangan umum sekarang. Lebih dari 30 persen orang yang berusia di atas 70 tahun berjuang untuk menaiki tangga, turun dari kursi, dan merasa sulit untuk bergerak.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mencantumkan gaya hidup yang tidak banyak bergerak sebagai salah satu dari 10 alasan utama kematian.

Sebuah gerakan dapat mengurangi risiko Anda untuk kondisi terkait usia yang paling ditakuti. Juga diyakini bahwa isolasi menua kita.

Baca juga: Apakah Makan Nanas Saat Hamil Bisa Memicu Terjadinya Keguguran?

Saunders, seorang peneliti mengatakan bahwa keterlibatan sosial memiliki dampak yang baik dan terukur pada kesehatan otak. Isolasi sosial meningkatkan masalah terkait kesehatan mental. Salah satu contohnya adalah virus corona, di mana isolasi sosial berkontribusi pada meningkatnya masalah kesehatan mental.

Jadi tiga cara teratas untuk menjaga diri Anda tetap bugar, bahagia dan santai bisa dengan pergi keluar di pagi hari untuk berjalan kaki 10 atau 15 menit, tidur enam hingga delapan jam, bertemu orang baru, mencoba makanan baru atau gairah baru atau apa pun untuk membuat diri Anda sibuk.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...