Semua Hal Tentang Kanker Paru-paru: Gejala, Jenis, dan Pengobatannya

Amastya
Kamis, 27 Oktober 2022 | 14:01 WIB
Berikut semua hal tentang kanker paru-paru /istock R24/tya Berikut semua hal tentang kanker paru-paru /istock

RIAU24.COM Kanker paru-paru adalah salah satu kanker paling umum di seluruh dunia. Kanker ini dimulai di paru-paru dan kemudian menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Baca juga: Rahasia Panjang Umur Maria Branyas Morera, Manusia Tertua di Dunia

Menurut Mayo Klinik, kanker paru-paru juga salah satu penyebab utama kematian akibat kanker di seluruh dunia.

Kanker paru-paru dapat berkembang di setiap individu. Bagaimanapun, orang yang merokok berisiko lebih tinggi terkena penyakit mematikan itu. Jika seseorang dapat berhenti merokok, risiko terkena kanker paru-paru dapat dikurangi secara signifikan.

Orang mungkin tidak memperhatikan gejala awal penyakit ini karena sangat tidak terasa. Namun, semakin cepat penyakit didiagnosis, semakin mudah dan lebih baik perawatannya. Karena itu, jika Anda mulai melihat sesuatu yang tidak biasa, pastikan Anda memeriksakan diri dan juga berkonsultasi dengan dokter.

Apa saja tanda dan gejala kanker paru-paru?

Ketika penyakit ini berada pada tahap awal, seseorang mungkin tidak melihat gejala apa pun, namun, dengan perkembangan penyakit, mulai ada semacam tanda dan gejala. Berikut beberapa gejala awal kanker paru-paru:

  • Batuk berlama-lama
  • Batuk darah atau dahak
  • Nyeri dada saat Anda bernapas dalam-dalam atau tertawa
  • Mengi
  • Suara serak
  • Kelelahan
  • Penurunan berat badan
  • Kehilangan nafsu makan
  • Infeksi pernapasan berulang
  • Sakit punggung; Rasa sakit ini biasanya terjadi ketika tumor menambah tekanan pada paru-paru Anda

Namun, seiring perkembangan penyakit, gejalanya mulai berubah dan tergantung pada stadiumnya, Anda mungkin mulai memperhatikan gejala kanker paru-paru berikut ketika mencapai stadium lanjut.

  • Sakit kepala
  • Pusing
  • Kulit dan mata menguning
  • Masalah keseimbangan
  • Benjolan di leher dan/atau tulang selangka
  • Mati rasa di lengan dan/atau kaki
  • Nyeri pada tulang terutama di punggung, tulang rusuk, atau pinggul
  • Nyeri di bahu
  • Pembengkakan pada wajah dan tubuh bagian atas

Apa saja jenis kanker paru-paru?

Ada berbagai jenis kanker paru-paru dan itu tergantung pada jenis sel kanker apa yang berkembang. Ada dua jenis utama kanker paru-paru; kanker paru-paru non sel kecil (NSCLC) dan kanker paru-paru sel kecil (SCLC). Namun, beberapa orang mungkin juga mengembangkan tumor yang memiliki kedua jenis sel tersebut.

1. Kanker paru-paru non-sel kecil atau NSCLC

Dalam kebanyakan kasus, orang mengembangkan jenis kanker paru-paru ini. Jika terdeteksi dini, NSCLC merespon dengan baik terhadap perawatan. Berikut adalah beberapa jenis NSCLC.

2. Karsinoma paru-paru sel skuamosa

Sebagian besar kasus NSCLC dimulai pada sel-sel saluran pernapasan yang disebut sel skuamosa. Kondisi ini dikenal sebagai karsinoma sel skuamosa.

3. Adenokarsinoma

Pada jenis kanker ini, sel-sel kanker biasanya berkembang di bagian luar paru-paru. Adenokarsinoma in situ atau AIS adalah kondisi langka yang berkembang di kantung udara kecil paru-paru. Namun, AIS tidak agresif dan mungkin tidak memerlukan perawatan segera.

4. Karsinoma adenoskuamosa

Pada jenis kanker ini, sel-sel kanker biasanya berkembang di sel-sel skuamosa serta sel-sel penghasil lendir.

5. Karsinoma sel besar

Ini adalah jenis NSCLC yang tumbuh cepat dan ini tidak dapat diklasifikasikan di bawah jenis lain.

6.  paru-paru sel kecil atau SCLC

Ini adalah bentuk kanker yang langkadibandingkan dengan NSCLC dan itu adalah bentuk kanker yang lebih agresif. Tidak ada pengobatan yang mungkin untuk jenis kanker ini selain kemoterapi.

7. Mesothelioma

Jenis kanker ini biasanya dikaitkan dengan paparan asbes. Kanker ini agresif dan tumbuh cepat dan juga tidak menanggapi perawatan. Mesothelioma dimulai ketika tumor karsinoid berkembang di sel-sel penghasil hormon atau neuroendokrin.

Baca juga: 5 Gejala Kolesterol yang Bisa Terlihat Jelas dari Kulit, Begini Bentuknya 

Apa saja perawatan untuk kanker paru-paru?

Tergantung pada stadium kanker, dokter Anda akan meresepkan Anda perawatan untuk hal yang sama. Namun, tujuan utama dari perawatan ini adalah untuk mengangkat tumor dan kemudian kemoterapi dan radiasi untuk membunuh sel-sel kanker. Jika Anda terdeteksi dengan NSCLC, perawatan Anda akan bervariasi tergantung pada stadium kanker.

Tahap 1 NSCLC: Dalam hal ini, operasi digunakan untuk mengangkat bagian paru-paru dan kemudian, dokter Anda mungkin merekomendasikan Anda kemoterapi dan kondisi ini biasanya dapat diobati jika terdeteksi pada tahap ini.

Tahap 2 NSCLC: Jika terdeteksi pada tahap ini, Anda mungkin akan direkomendasikan operasi untuk mengangkat sebagian paru-paru atau semua paru-paru Anda. Biasanya, kemoterapi dianjurkan setelah operasi.

Tahap 3 NSCLC: Pada tahap NSCLC ini, Anda mungkin akan memerlukan kombinasi operasi, kemoterapi serta perawatan radiasi.

Tahap 4 NSCLC: Pilihan pengobatan pada tahap ini termasuk operasi, radiasi, kemoterapi, terapi target, dan imunoterapi.

Di sisi lain, pilihan pengobatan untuk SCLC termasuk operasi, kemoterapi, dan terapi radiasi.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...