Kanker Perut: Kenali Gejala yang Dialami Pasien pada Tahap Awal

Amastya
Senin, 07 November 2022 | 13:39 WIB
Berikut gejala awal dari kanker perut /honestdocs.id R24/tya Berikut gejala awal dari kanker perut /honestdocs.id

RIAU24.COM Kanker perut adalah penyakit yang memiliki risiko tinggi pada orang yang memiliki riwayat keluarga atau mereka yang memiliki kelainan genetik atau sindrom seperti sindrom Lynch, kanker lambung difus atau sindrom poliposis juvenil, dikutip American Cancer Society.

Baca juga: 6 Bahan Smoothie Terbaik yang Bagus Memperlambat Penuaan Pada Wajah 

Dokter mengatakan bahwa usia juga merupakan faktor risiko karena tumor cenderung terbentuk pada orang tua dengan usia rata-rata diagnosis 68 tahun.

Sekitar 60 persen kanker terjadi pada orang di atas 65 tahun dan risiko seumur hidup tertinggi pada pria tetapi dapat mempengaruhi siapa saja.

Penyakit ini berkembang perlahan selama beberapa tahun karena perubahan DNA yang dapat merusak sel sehingga mengakibatkan pembentukan tumor.

Sementara merokok dapat meningkatkan risiko secara drastis dikombinasikan dengan pilihan diet yang buruk atau seringrefluks asam, penting untuk menyadari gejala awal penyakit. Dan jika didiagnosis tepat waktu, kanker perut dapat diobati untuk meningkatkan kualitas hidup jangka panjang pasien.

Berikut gejala awal kanker perut yang dilansir dari Timesnownews :

1. Perut bengkak

Ada perbedaan antara perut bengkak dan perut kembung, perut bengkak terasa kenyang dan menyakitkan dan rasa sakit dapat dimulai sebagai ketidaknyamanan ringan dan menjadi lebih tegang saat penyakit berkembang ke tahap lanjut.

American Cancer Society mengatakan, risiko meningkat ketika seseorang makan terlalu banyak makanan asin dan berasap, acar sayuran, daging olahan, diawetkan, dipanggang dan dibakar.

2. Penurunan berat badan yang tidak normal

Ketika perut terasa terlalu kenyang atau bengkak, kemungkinan besar akan sangat sakit sehingga menurunkan nafsu makan. Akibatnya, seseorang akhirnya menurunkan berat badan tanpa memastikan penyebab pastinya.

Dokter mengatakan bahwa itu adalah salah satu gejala awal utama penyakit ini. Jika Anda melihatnya terjadi untuk waktu yang lama, laporkan ke dokter dan lakukan pemeriksaan dengan prioritas.

Kanker dapat membuat makan menjadi sulit karena tubuh mengambil lebih banyak energi dari sel-sel sehat dan membakar lebih banyak energi saat istirahat sehingga mengakibatkan penurunan berat badan.

3. Mulas

Mulas adalah tanda awal kanker perut yang umum lainnya. Asam lambung, yang bertanggung jawab untuk memecahkan makanan dan mencernanya, dapat didorong kembali ke esofagus karena gangguan pencernaan atau tumor. Juga dikenal sebagai refluks asam, itu tidak selalu menjadi penyebab kekhawatiran sampai kondisi menjadi sering dan parah. Dalam hal ini, periksa dengan dokter.

4. Sakit perut

Sakit perut yang sering, persisten, dan tidak dapat dijelaskan juga bisa menjadi indikasi tumor di perut.

Meskipun penyakit ini tidak selalu menunjukkan gejala pada tahap awal, pasien mungkin mengalami gangguan pencernaan dan rasa sakit di bagian atas perut.

Seiring waktu, pada stadium lanjut, pasien mungkin mengalami kelelahan, muntah darah dan tinja hitam.

Baca juga: The Glory Singgung Soal Buta Warna, Apakah Bisa Diturunkan Lewat Gen? 

5. Mual dan muntah

Kanker atau tumor dapat mengakibatkan seringnya episode mual dan muntah. Kemungkinan akan membuat pasien bisul karena kadar asam lambung menjadi rendah sehingga meningkatkan kadar bakteri berbahaya.

Kadang-kadang, cadangan empedu dari usus kecil setelah operasi perut dapat berkontribusi lebih lanjut terhadap penyakit ini.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...