12 November: Fakta dan Peristiwa Sejarah Tanggal Ini, Hari Ayah Se-Indonesia dan Hari Kesehatan Nasional

Amastya
Sabtu, 12 November 2022 | 05:36 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 12 November /net R24/tya Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 12 November /net

RIAU24.COM - Tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Ayah Se-Indonesia dan Hari Kesehatan Nasional.

Baca juga: Kisah Menara Eiffel yang Tak Banyak Diketahui Orang

Hari Ayah Se-Indonesia atau Hari Ayah Nasional diperingati sejak tahun 2006 dan Hari Kesehatan Nasional diperingati sejak tahun 1964.

Tanggal 12 November juga merupakan hari ke-316 dalam setahun dan tersisa 49 hari lagi hingga kita mencapai akhir tahun.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 2014, wahana antariksa ‘Philae’ menjadi wahana pertama yang mendarat di komet yang bergerak? Ia telah berjuang melalui penurunan 7 jam dari kapal induknya untuk mencapai prestasi ini.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 12 November, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2019

Layanan streaming Disney+ diluncurkan. Layanan video streaming sesuai permintaan memberi pemirsa akses ke berbagai acara dan film Walt Disney Studios, Walt Disney Television, Pixar, Marvel, Star Wars, dan National Geographic.

2018

Michelle Obama menerbitkan memoarnya "Menjadi."

2017

Gempa Iran-Irak menewaskan 630 orang dan melukai lebih dari 8.100 orang. Guncangan berkekuatan 7,3 SR terjadi pada pukul 21.48 WIB dan dirasakan sejauh Israel.

2016

Jackie Chan dianugerahi Oscar kehormatan di 8th Annual Governors Awards karena membintangi lebih dari 200 film.

2014

Rosetta Philae menjadi probe pertama yang mendarat di komet yang bergerak.

Badan Antariksa Eropa mengembangkan wahana antariksa itu dan mendarat di komet 67P/Churyumov-Gerasimenko setelah melakukan perjalanan selama lebih dari satu dekade.

2007

Super Mario Galaxy, game Mario 3D ketiga Nintendo, dirilis untuk Nintendo Wii di Amerika Utara.

Banyak elemen desain game yang dipikirkan sebelum Wii pertama kali dibuat. Misalnya, konsep ‘platform’ bola dibayangkan untuk game GameCube tetapi tidak mungkin karena keterbatasan teknis.

2006

Hari Ayah Nasional 12 November pertama kali dideklarasikan pada tahun 2006 di Solo pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sejak itu dan hingga kini, setiap tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Ayah Nasional.

2003

Rekor dunia kereta api komersial kecepatan 311 mph (500 kpj) dicapai oleh Shanghai Transrapid Railway Systems.

2001

American Airlines Penerbangan 587 dari New York City ke Republik Dominika jatuh saat lepas landas. Semua 260 penumpang tewas, serta lima lainnya yang tidak berada di pesawat.

1995

Pesawat ulang-alik STS 74 Atlantis AS/Rusia diluncurkan dari Kennedy Space Center.

1992

Serial TV komedi Inggris "Absolutely Fabulous" ditayangkan untuk pertama kalinya. Acara ini ditulis oleh Jennifer Saunders, yang juga memainkan salah satu karakter utama, Edina Monsoon.

1989

Musikal "Grand Hotel" pertama kali ditampilkan di Teater Martin Beck di New York City.

1964

Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 November. Hari ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk terus menjaga kesehatan.

Hari Kesehatan Nasional pertama kali diperingati pada 12 November 1964 untuk mengingat keberhasilan pemberantasan malaria.

Latar belakang dicetuskannya hari ini berawal pada tahun 1950-an, saat masyarakat Indonesia banyak menderita penyakit malaria. Ratusan ribu jiwa meninggal akibat penyakit ini. Pemerintah pun berupaya melakukan pemberantasan malaria.

1892

Pudge Heffelfinger memainkan game berbayar pertamanya, menjadikannya pemain American Football profesional pertama.

Pudge dibayar $500 untuk bermain untuk Asosiasi Atletik Allegheny melawan saingan mereka, Klub Atletik Pittsburgh. Dia adalah satu-satunya pemain dari kedua tim yang mencetak poin apa pun, memenangkan kemenangan 4-0.

1880

Harper and Brothers menerbitkan novel Lew Wallace ‘Ben-Hur: a Tale of the Christ.’ Novel Wallace dianggap sebagai "buku Kristen paling berpengaruh di abad kesembilan belas."

1793

Wali Kota Paris Jean Sylvain Bailly di-guillotin di Champ de Mars selama Pemerintahan Teror.

1661

Ilmuwan Inggris Robert Hooke diangkat sebagai Kurator Eksperimen di The Royal Society, London, Inggris.

Baca juga: Jamur Cordyceps Muncul di Serial The Last of Us, Apakah Memang Bisa Ubah Manusia Jadi Zombie?

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 12 November.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...