Satgas Aktifkan Posko Monitor Prokes KTT G20, Tekan Penularan Covid-19 

Zuratul
Senin, 14 November 2022 | 10:45 WIB
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. (Kompas,com/Foto) R24/zura Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. (Kompas,com/Foto)

RIAU24.COM - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mulai kembali mengaktivasi posko pemantauan dan pengendalian protokol kesehatan (prokes) covid-19 di Puja Mandala, Bali. 

Fungsi posko dimasifkan untuk melakukan penekan terhadap penularan covid-19 selama Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Baca juga: Tepis Isu Minyakita Stop Produksi, Zulkifli Hasan: Sekarang Jadi Favorit, Barangnya Laris

 

"Lokasi posko strategis mendekati area kegiatan puncak acara G20 serta mendukung kebutuhan koordinasi secara cepat dan efektif," kata Kepala Koordinator Pengendalian Operasi Satuan Tugas COVID-19 Nasional Brigjen Lukmansyah dalam keterangan tertulis, Senin, 14 November 2022.

Lukmansyah mengatakan pihaknya menggandeng sejumlah pihak. Mulai dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), hingga TNI.

"Sehingga kami lebih mudah melakukan koordinasi secara cepat," lanjutnya. 

Lukmansyah menyebut ada lima tempat ibadah dalam Puja Mandala. Sehingga anggota posko lebih mudah memantau prokes di sekitar wilayah tersebut.

Selain itu, posko pemantauan prokes covid-19 dibangun di Hotel Mercure Nusa Dua. Lokasi itu semakin dekat jangkauannya dengan lokasi kegiatan.

"Kami menyediakan masker dan hand sanitizer bagi peserta. Jika dibutuhkan swab test, akan kami bantu fasilitasi," ujar Lukmansyah.

Baca juga: Dipanggil Jokowi, Surya Paloh Belum Ungkap Hasil Pertemuannya ke Internal NasDem

 

Lukmansyah menuturkan fungsi posko lainnya ialah membantu evakuasi ke lokasi karantina. Hal itu dilakukan bila ada peserta G20 yang terpapar covid-19.

"Tenaga medis turut disiapkan pada area posko bagi para delegasi dan panitia yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan," ucap dia.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...