Irak Akan Mengerahkan Kembali Pasukan Federal di Tengah Serangan Iran dan Turki

Devi
Kamis, 24 November 2022 | 16:13 WIB
Irak Akan Mengerahkan Kembali Pasukan Federal di Tengah Serangan Iran dan Turki R24/dev Irak Akan Mengerahkan Kembali Pasukan Federal di Tengah Serangan Iran dan Turki

RIAU24.COM - Menyusul serangkaian serangan udara oleh Iran dan Turki terhadap organisasi oposisi di wilayah otonomi Kurdistan Irak, Baghdad mengumumkan pada hari Rabu bahwa mereka akan memindahkan pasukan federal di sepanjang perbatasannya dengan kedua negara.

Dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan keamanan pemerintah yang dipimpin oleh Perdana Menteri Mohammed Shia al-Sudani, negara tersebut mengatakan bahwa pihak berwenang telah memutuskan untuk "membuat rencana untuk menempatkan kembali penjaga perbatasan Irak ... di sepanjang perbatasan dengan Iran dan Turki".

Baca juga: China Bawa Meriam Terbesar Masuk Wilayah Perairan Jepang Di Kepulauan Senkaku

Menurut pernyataan tersebut, upaya tersebut akan dilakukan "berkoordinasi dengan pemerintah wilayah Kurdistan dan kementerian Peshmerga", mengacu pada pasukan regional Kurdi.

Saat ini, peshmerga bertugas mengawasi perbatasan Kurdistan Irak; namun, mereka tunduk pada arahan dari kementerian pertahanan federal Baghdad.

AFP melaporkan bahwa pengumuman tersebut tampaknya merupakan tanggapan terhadap Iran, yang awal pekan ini menyatakan harapan bahwa pemerintah Irak akan mengerahkan "penjaga perbatasan di perbatasan bersama sehingga Iran tidak harus mengambil tindakan pencegahan lain untuk mengusir ancaman."

Baca juga: Gaji PM Malaysia Melebihi Presiden Jokowi? Warganet Kepo dan Soroti Gaji Keduanya

Serentetan pemogokan baru-baru ini menyusul kerusuhan atas kematian Mahasa Amini yang berusia 22 tahun saat berada dalam tahanan yang disebut "polisi moral" Iran. 

Teheran menyalahkan "kekuatan luar dan kelompok Kurdi yang diasingkan" karena memicu gelombang protes. 

Hossein Amir-Abdollahian, menteri luar negeri Iran, mengeluarkan peringatan pada hari sebelumnya, mengatakan bahwa negara itu akan terus mengambil tindakan terhadap "ancaman" asing. Dia menambahkan bahwa pasukan Teheran akan melanjutkan operasi di dalam Kurdistan Irak sampai pasukan nasional Baghdad dikerahkan di perbatasan dan "kami tidak perlu lagi bertindak untuk mempertahankan integritas teritorial kami."

 

***
 


Informasi Anda Genggam


Loading...