Ketika Kapasitas Kepemimpinan Airlangga Sudah Benar-benar Teruji

Azhar
Kamis, 24 November 2022 | 16:43 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Sumber: Berita Satu R24/azhar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Sumber: Berita Satu

RIAU24.COM - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai sosok Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Terutama setelah berakhirnya KTT G20 lalu dikutip dari detik.com, Kamis, 24 November 2022.

Sebutnya, disaat itu Airlangga telah menunjukkan kapasitasnya sebagai pemimpin.

Pasalnya tidak mudah menjalin komunikasi dengan dua pemimpin besar dunia, Presiden AS Joe Biden dan Presiden China, Xi Jinping di Bali lalu.

Baca juga: Ganjar Pranowo Pamer Foto Tanpa Uban dan Kerut Wajah, Sinyal Tak Mau Diusung Jokowi?

"Di sini terlihat peran Airlangga yang mampu menjadi jembatan komunikasi antara pemimpin dunia sehingga bisa muncul deklarasi yang dilakukan oleh KTT G20 lalu," sebutnya.

Tambahnya, untuk bisa menjadi penghubung dua pimpinan dunia tersebut harus memiliki kapasitas dan kemampuan tentang perekonomian dunia serta peta politik global yang baik.

"Saya lihat beliau ini memiliki kemampuan itu. Ini bukan perkara gampang, untuk bisa menyatukan pendapat pemimpin dunia yang dipersepsikan saling berhadap-hadapan," ujarnya.

Terpenting, kapasitas yang dimiliki Airlangga menunjukkan memiliki kemampuan untuk pemimpin bangsa.

Baca juga: JK Ungkap Perasaannya Untuk Jokowi: Dulu Jatuh Cinta Sekarang Kok Beda Ya...

Sebab pengetahuan yang luas dan gaya komunikasi luwes bisa membuat Ketua Umum Partai Golkar itu tampak percaya diri saat berhadapan dengan para pemimpin dunia.

"Jadi bukan hanya perkara remeh saja yang harus dikuasai calon pemimpin kita namun juga bagaimana perannya dalam komunikasi politik dan ekonomi secara global," sebutnya.


Informasi Anda Genggam


Loading...