Jangan Sampai Terlewat, Penuhi 6 Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh agar Tetap Sehat

Devi
Kamis, 24 November 2022 | 16:44 WIB
Jangan Sampai Terlewat, Penuhi 6 Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh agar Tetap Sehat R24/dev Jangan Sampai Terlewat, Penuhi 6 Nutrisi yang Dibutuhkan Tubuh agar Tetap Sehat

RIAU24.COM - Dalam menjaga kesehatan, terdapat nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh dan didapat dari makanan yang dikonsumsi. Fungsi dari kecukupan keenam nutrisi ini, adalah untuk mendukung reproduksi, pertumbuhan, dan kesehatan secara keseluruhan.

Dalam jenis nutrisi, terbagi menjadi mikronutrien dan makronutrien. Makronutrien adalah nutrisi yang dibutuhkan seseorang dalam jumlah lebih besar. Jenis nutrisi ini, meliputi air, protein, karbohidrat, dan lemak. Sedangkan mikronutrien, adalah nutrisi yang dibutuhkan dalam dosis kecil tetapi kalau kurang dapat menyebabkan menurunnya kesehatan. Berikut nutrisi, baik mikronutrien maupun makronutrien yang perlu dipenuhi dari makanan sehari-hari.

Baca juga: 3 Jenis Susu Formula, Bebelac Menjadi Favorit

1. Vitamin
Mayoritas pakar merekomendasikan untuk menjalankan pola makan yang kaya akan sayuran, buah-buahan, dan protein tanpa lemak untuk mencukupi kebutuhan vitamin. Vitamin termasuk mikronutrien, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah penyakit kronis, menguatkan gigi dan tilang, membantu penyerapan kalsium, dan kerja metabolisme.

Melansir Medical News Today, Kamis, 24 November, terdapat 13 vitamin esensial yang terbagi dalam dua kelompok. Yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan yang tidak larut. Vitamin yang larut dalam lemak, antara lain, vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Sedangkan vitamin yang tidak larut dalam lemak, adalah vitamin B kompleks dan vitamin C. Bagi Anda yang banyak konsumsi buah dan sayur, mungkin akan tercukupi kebutuhan vitaminnya. Tetapi bagi yang sedikit konsumsi makanan alami, perlu menambahkan suplemen agar kebutuhan vitamin tercukupi.

nutrisi yang dibutuhkan tubuh
Ilustrasi nutrisi yang dibutuhkan tubuh (Pexels/Waldemar Brandt)
2. Mineral
Masih masuk dalam kategori mikronutrien, mineral terdapat dua kelompok, yaitu mineral utama dan mineral jejak. Keduanya dibutuhkan tubuh secara seimbang. Untuk mineral utama, tubuh membutuhkan magnesium, kalsium, fosfor, sulfur, sodium, kalium, dan khlorida. Kecukupan mineral utama ini, membantu tubuh untuk menyeimbangkan kadar air, menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku, serta menjaga kesehatan tulang.

Sedangan mineral jejak, antara lain, zat besi, selenium, seng, mangan, kromium, tembaga, yodium, fluor, dan molybdenum. Mencukupi mineral jenis ini, membantu memperkuat tulang, mencegah kerusakan gigi, membantu pembekuan darah, menjaga tekanan darah sehat, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: 15 Rekomendasi Merk Skincare untuk Jenis Kulit Kering Auto Jadi Lembab dan Glowing Kembali Bestie!

3. Protein
Termasuk makronutrien yang dibutuhkan setiap sel dalam tubuh agar bekerja dengan baik. Protein juga berkaitan dengan pembentukan otot, membentuk antibody, hormon, dan berfungsi sebagai bahan bakar untuk sel dan jaringan. Banyak sekali sumber makanan yang kaya akan protein, di antaranya adalah daging merah, unggas, ikan, kacang-kacangan, telur, produk susu, telur, kedelai, dan biji-bijian.

4. Lemak
Jangan salah, lemak sering diasosiasikan pada makanan yang buruk dan perlu dihindari. Tetapi di satu sisi, lemak dibutuhkan tubuh untuk menjalankan berbagai fungsi. Artinya, Anda perlu memilih lemak dalam makanan yang sehat. Seperti lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dalam jumlah terbatas.

Lemak dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan sel, pembekuan darah, membangun sel-sel baru, mengurangi risiko penyakit, gerakan otot, fungsi otak, produksi hormon, dan fungsi imun. Lemak sehat, bisa didapat dari ikan, seperti salmon dan tuna.

5. Karbohidrat
Karbohidra merupakan gula atau pati yang menyediakan energi untuk semua sel dan jaringan di dalam tubuh. Terdapat dua jenis kabohidrat, yaitu karbohidrat sederhana dan kompleks. Anda perlu membatasi konsumsi karbohidrat sederhana dan boleh lebih banyak karbohidrat kompleks. Makanan yang tinggi karbohidrat sederhana, antara lain, roti putih, pasta, dan nasi.

Karbohidrat kompleks banyak terkandung dalam beras merah, biji gandum, sayuran, pasta gandum, buah-buahan, havermut, jelai, dan biji gandum. Kecukupan karbohidrat, dipakai tubuh untuk menjalankan fungsi, seperti sistem kekebalan tubuh, fungsi otak, sistem saraf, energi untuk beraktivitas, dan fungsi pencernaan.

6. Air
Seseorang bisa bertahan hidup lebih lama tanpa makan, tetapi tanpa minum air akan sulit bertahan hidup. Bahkan ketika mengalami dehidrasi ringan, seseorang bisa sakit kepala, gangguan fisik, dan mental. Karena setiap tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, maka mencukupkan kebutuhan air penting. Fungsinya untuk membuang racun, mengangkut nutrisi, mencegah sembelit, dan menghidrasi. Nah, sumber air terbaik, adalam minum air mineral tanpa tambahan pemanis.

Itulah keenam nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Untuk kebutuhan lebih spesifik lagi, seperti untuk tujuan diet atau mencegah penyakit tertentu kambuh, Anda perlu mengkonsultasikannya pada dokter hali atau ahli nutrisi.

 

***


Nutrisi
Informasi Anda Genggam


Loading...