Survei: Semakin Banyak Parpol Bikin Rakyat Jadi Bingung

Azhar
Jumat, 25 November 2022 | 23:02 WIB
Ilustrasi. Sumber: Internet R24/azhar Ilustrasi. Sumber: Internet

RIAU24.COM - Hasil temuan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) mengatakan semakin banyaknya partai politik (parpol) di 2024 mendatang, akan membuat mayoritas masyarakat semakin tidak tahu perbedaan sebagian besar partai politik yang ada.

Warga dinilai memilih partai politik dengan asumsi partai tersebut menawarkan sesuatu yang cocok dengan kepentingan pemilih itu sendiri.

Biasanya hal tersebut terkait dengan ide atau bisa disederhanakan dengan platform partai. Temuan ini disampaikan langsung oleh pendiri SMRC, Saiful Mujani dikutip dari republika.co.id, Jumat, 25 November 2022.

Baca juga: Melihat Sumber Kekayaan Ketum PSI Giring Ganesha

"Memilih partai karena partai tersebut memperjuangkan gagasan atau aspirasi tertentu. Ini yang disebut platform, tentang bagaimana pemilih melihat partai politik," sebutnya.

Dia mencontohkan, seseorang memilih PKS karena memperjuangkan aspirasi tentang politik Indonesia lebih memiliki warna Islam.

Atau memilih Golkar karena memiliki pengalaman yang panjang pro-pembangunan ekonomi.

Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah Berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Baca juga: Peringatan Buat Pihak yang Catut NU demi Politik

Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden.

Response rate sebesar 1012 atau 83 persen. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).


Informasi Anda Genggam


Loading...