Bukan Demokrat Apa Lagi PKS, Ini Partai yang Dominasi Perolehan Suara di Ibu Kota Versi Lembaga Survei

Azhar
Minggu, 27 November 2022 | 22:19 WIB
Ilustrasi. Sumber: Internet R24/azhar Ilustrasi. Sumber: Internet

RIAU24.COM - Hasil survei Indopolling Network menyebutkan elektabilitas PDI Perjuangan masih kokoh berada di urutan teratas untuk soal dukungan pemilih di DKI Jakarta.

"Dari simulasi pertanyaan tertutup pilihan partai, elektabilitas PDIP saat ini masih unggul di DKI Jakarta dengan elektabilitas sebesar 22,8 persen," kata Direktur Riset Indopolling Network Dewi Arum Nawangwungu dikutip dari suara.com, Minggu, 27 November 2022.

Barulah disusul oleh PKS (18,1 persen), Gerindra (11,2 persen), Nasdem (8,8 persen), Demokrat (6,4 persen); Golkar (4,8 persen), PPP (4 persen) dan PKB (3,7 persen). Sementara, elektabilitas partai lainnya masih di bawah 3 persen.

Baca juga: Ini Tanggapan Buwas yang Diisukan Jadi Menteri Pertanian Gantikan Kader NasDem

"Jika dibandingkan dengan hasil Pemilu 2019, adanya pergeseran posisi dukungan, di mana PKS berada di posisi kedua menggeser partai Gerindra," sebutnya.

Dilihat dari sebaran dukungan wilayah, PDIP menguasai dukungan dari wilayah Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat.

Baca juga: Cerita Anies Diduetkan dengan Airlangga di Pilpres 2024

"Sementara PKS terlihat unggul di wilayah Jakarta Selatan," sebutnya.

Untuk diketahui, jumlah sampel dalam survei ini sebesar 880 responden dengan margin of error sebesar + 3,4 persen pada tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.


Survei PDIP
Informasi Anda Genggam


Loading...