Politisi Demokrat Kritisi Kebijakan Jokowi dengan Menyebut Bebek Lumpuh, Ini Artinya

Azhar
Senin, 28 November 2022 | 11:06 WIB
Politisi Demokrat Andi Arief. Sumber: CNN Indonesia R24/azhar Politisi Demokrat Andi Arief. Sumber: CNN Indonesia

RIAU24.COM - Politikus Partai Demokrat, Andi Arief menggunaan istilah bebek lumpuh untuk mengkritisi kebijakan Presiden RI Joko Widodo.

Tahukah jika istilah bebek lumpuh ini merupakan terjemahan dari istilah politik dalam khazanah bahasa Inggris yakni: lame duck dikutip dari detik.com, Senin, 28 November 2022.

Istilah ini merujuk pada kondisi pemimpin yang tak lagi punya pengaruh kuat karena penggantinya di masa mendatang sudah ada.

Baca juga: Kata PDIP Soal Reshuffle Kabinet Usai Surya Paloh Mendadak Dipanggil Jokowi

Merriam-Webster, penerbit kamus tertua di Amerika Serikat, sejak 1831 lebih merincikannya. Menurutnya, ada tiga arti bebek lumpuh.

Pertama, seseorang yang lemah atau tertinggal dalam hal kemampuan atau pencapaian. Dalam istilah di Inggris Britania, istilah 'bebek lumpuh' sama dengan 'perusahaan yang sakit'.

Kedua, pejabat atau kelompok resmi hasil pemilu yang masih memegang jabatan politik saat periode antara pemilu dengan pelantikan penggantinya.

Baca juga: NasDem Diminta Stop Bicara Cawapres Lagi, Kenapa?

Ketiga, seseorang yang posisinya atau masa jabatannya segera berakhir.

Sementara Cambridge Dictionary mendefinisikan lame duck dengan pengertian serupa yakni orang atau sesuatu yang tidak sukses.


Informasi Anda Genggam


Loading...