Bawaslu Bengkalis Susun IKP Pemilu 2024 Demi Pencegahan Potensi dan Pelanggaran

Dahari
Senin, 28 November 2022 | 11:08 WIB
Usman R24/hari Usman

RIAU24.COM -BENGKALIS - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis telah menyelesaikan penyusunan serta penginputan data-data terkait Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Tahun 2024. 

Penyusunan IKP dilakukan sebagai salah satu upaya bagi pencegahan terjadinya potensi pelanggaran dalam Pemilu mendatang.

Baca juga: Kunker Komisi VIII DPR RI, Bupati Sampaikan Beberapa Kawasan Strategis

“Kita di Bawaslu Kabupaten Bengkalis telah selesai melakukan penyusunan dan penginputan IKP untuk Pemilu 2024. IKP ini disusun berdasarkan arahan Bawaslu RI sebagai salah satu dalam mengidentifikasi kerawanan jelang pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mendatang,”ungkap anggota Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Usman, Senin 28 November 2022.

Diungkapkan Usman juga menjabat sebagai Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi masyarakat dan Humas Bawaslu Bengkalis ini, data IKP yang disusun pihak Bawaslu tersebut berdasarkan empat dimensi. Dimana disetiap dimensi terdapat subdimensi, dan disetiap subdimensi terdapat indikator yang harus disajikan datanya berdasarkan kejadian pada Pemilu dan pemilihan sebelumnya.

“Untuk pengisian data IKP ini sebenarnya sudah mulai dilaksanakan sejak September lalu, berakhir 26 November 2022. IKP itu sendiri diperkirakan akan diluncurkan (lounching) secara nasional jelang akhir Desember tahun ini,”ucapnya lagi.

Baca juga: Dukung Bimtek Integritasi Pokir DPRD Bengkalis Berbasis SIPD-RI

Terkait penyusunan IKP yang sudah dilakukan Bawaslu Bengkalis ini, Usman berharap hasilnya nanti dapat dijadikan sebagai dasar Bawaslu Bengkalis untuk melakukan pemetaan dan pencegahan terhadap berbagai potensi pelanggaran Pemilu diwilayah yang dinilai tergolong rawan, baik itu kerawanan yang bersifat sedang, rendah dan juga tinggi.

 


Informasi Anda Genggam


Loading...