Kode Jokowi Dinilai Sangat Identik dengan Ganjar, Dari Berambut Putih Hingga Tak Suka Bangun Gedung Mewah

Amastya
Selasa, 29 November 2022 | 10:12 WIB
Pengamat menyebut kriteria pemimpin yang dimaksudkan Jokowi sangat identik dengan Ganjar Pranowo R24/tya Pengamat menyebut kriteria pemimpin yang dimaksudkan Jokowi sangat identik dengan Ganjar Pranowo

RIAU24.COM - Kriteria pemimpin penilaian Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai pengamat sangat identik dengan sosok Ganjar Pranowo.

Baca juga: Kata PDIP Soal Reshuffle Kabinet Usai Surya Paloh Mendadak Dipanggil Jokowi

Kode tersebut disampaikan Jokowi saat bertemu dengan relawannya dan mengatakan pemimpin yang memikirkan rakyatnya adalah yang berambut putih dan memiliki kerutan di wajah.

Fahlesa Munabari selaku Pengamat politik yang juga Dosen FISIP Universitas Budi Luhur menilai kepemimpinan Ganjar Pranowo di Jawa Tengah sepanjang dua periode lebih banyak membuat program yang bermuara pada kepentingan rakyat.

"Ganjar ini tipikal pemimpin yang tidak suka membangun gedung megah, bangunan-bangunan besar, mercusuar. Tapi bangun sekolah, bangun pasar, bangun embung, irigasi, yang begitu-begitu," ujarnya, Senin (28/11/2022).

Fahlesa mencontohkan program 1.000 embung yang digagas Ganjar Pranowo. Berdasarkan catatannya saat ini, Ganjar sudah berhasil membangun 1.135 embung di berbagai daerah di Jateng. Embung-embung itu digunakan untuk pengairan areal pertanian, pengendalian banjir, dan mencukupi air minum di daerah kekeringan.

"Dari sisi bangunan mungkin tidak terlihat wah, tidak luar biasa, ya embung kan gitu-gitu saja, tidak mahal juga. Tapi berguna dan bermanfaat untuk petani dan warga desa," katanya.

Sedangkan contoh lain ketika Ganjar membangun sekolah khusus untuk siswa dari keluarga tidak mampu.

Sekolah Bernama SMK Jawa Tengah itu dibangun di Kota Semarang, Purbalingga, dan Pati. Semua siswa di tiga sekolah ini dari warga tidak mampu. Seluruh biaya belajar dari buku, seragam, bahkan asramanya gratis.

"Ketika lulus pun masih dicarikan kerja di perusahaan bonafide, ada yang sampai ke Jepang juga. Setelah kerja siswa ini langsung mengangkat ekonomi keluarganya karena gajinya bagus. Jadi dari bangun sekolah, Ganjar menarget pengentasan kemiskinan," ucapnya.

Di samping itu, Ganjar juga sering turun ke bawah menemui masyarakat. Program-program seperti tidur di rumah warga, gubernur mengajar, ngopi bareng warga desa, menggambarkan kedekatan gubernur dengan rakyatnya.

Baca juga: NasDem Diminta Stop Bicara Cawapres Lagi, Kenapa?

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam Silaturahmi Relawan Nasional Nusantara Bersatu memberi kode keras tentang sosok pilihannya pada Pilpres 2024. Jokowi menyebut rakyat harus mencari pemimpin yang memikirkan rakyatnya.

"Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada. Ada itu," kata Jokowi dalam acara Gerakan Nusantara Bersatu yang digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Jokowi juga meminta relawan untuk hati-hati memilih pemimpin yang berwajah cling. Jika pemimpin tak ada kerutan di wajah, Jokowi meminta relawan hati-hati.

"Saya ulang. Jadi, pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya. Kalau wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati. Lihat juga, lihat rambutnya kalau putih semua wah mikir rakyat ini," ujarnya.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...