Soal Sosok Rambut Putih, Jokowi: Ganjar, Prabowo, Basuki Hadimuljono dan Hatta Rajasa

Amastya
Rabu, 30 November 2022 | 08:57 WIB
Jokowi sebut sosok rambut putih itu Ganjar, Prabowo, Hatta Rajasa dan Basuki Hadimuljono R24/tya Jokowi sebut sosok rambut putih itu Ganjar, Prabowo, Hatta Rajasa dan Basuki Hadimuljono

RIAU24.COM - Pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal sosok pemimpin yang memikirkan rakyat memiliki ciri berambut putih dan kerutan wajah berbuntut panjang. Kriteria pemimpin itu diungkapkannya pada acara relawan Nusantara Bersatu yang digelar di Gelora Bung Karno, Jakarta Sabtu (26/11/2022).

Baca juga: Jokowi Tak Jadi Reshuffle Rabu Pon, Benarkah?

Pasalnya, pernyataan tersebut menimbulkan berbagai spekulasi terkait maksud dan tujuan Jokowi dari pernyataan yang menghebohkan publik tanah air, khususnya di dalam perpolitikan tanah air.

Pernyataan Jokowi tersebut dinilai sebagai kode dan endorse untuk sosok Capres 2024 mendatang.

Nama-nama figur politik yang sesuai dengan kriteria tersebut menjadi terbawa-bawa dalam spekulasi publik, satu diantaranya adalah Ganjar Pranowo.

Oleh karena itu, untuk memperjelas pernyataannya, Jokowi memberikan statement baru terkait sosok berambut putih.

Jokowi menuturkan bahwa ciri pemimpin wajah berkerut dan berambut putih yang disebutkannya beberapa hari lalu bisa ditafsirkan kepada siapa pun.

"Ya ditafsirkan apa pun silakan tetapi memang dalam orang bekerja itu kalau kerjanya sungguh-sungguh kalau kerjanya kerja keras itu pasti akan mempengaruhi fisiknya," kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden dikutip pada Rabu (30/11/2022).

"Entah itu apa saking mikirnya betul mikirnya benar wah kerutan wajahnya jadi banyak. Termasuk juga rambut, mikirnya sangat berlebihan dan keras bisa saja bisa saja rambutnya jadi putih kan itu aja," tambahnya.

Baca juga: Kader di Riau Siap Bergerak Usai PKS Dukung Anies Calon Presiden

Mengenai sosok berambut putih tersebut, Jokowi malah menyebutkan beberapa nama seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa.

"Tapi rambut putih kan banyak banget, Pak Basuki itu rambutnya putih, Pak Hatta Rajasa juga rambutnya putih, Pak Ganjar juga rambutnya putih, siapa lagi yang rambutnya putih? Pak Prabowo juga rambutnya sangat putih," pungkasnya.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...