10 Posisi Tidur Kucing dan Artinya yang Perlu Diketahui

Devi
Rabu, 30 November 2022 | 17:18 WIB
10 Posisi Tidur Kucing dan Artinya yang Perlu Diketahui R24/dev 10 Posisi Tidur Kucing dan Artinya yang Perlu Diketahui

RIAU24.COM Kucing menghabiskan lebih banyak waktu dalam sehari untuk tidur. Tetapi karena mereka adalah hewan pemburu dan pemangsa, setiap posisi tidur kucing dan artinya menunjukkan interaksi dengan sekitar.

Kucing dianggap sebagai hewan penyendiri tidak sepenuhnya keliru, tetapi mereka sebenarnya adalah hewan sosial. Saat tidur, mereka cenderung mencari tempat hangat. Tujuannya untuk menjaga kehangatan dan suhu panas tubuh. Inilah yang membuat kucing tidur di kaki Anda dengan posisi tidur melingkar. Lebih lengkapnya lagi, berikut posisi tidur kucing dan artinya yang perlu Anda ketahui.

1. Posisi tidur kucing melingkar
Kalau Anda memeliharan kucing di rumah, tentu tak jarang mereka tidur meringkuk menyerupai bola bulu. Bahkan hidung dan ekornya bisa saling bertemu membentuk lingkaran. Posisi tidur ini, membantu kucing mempertahankan panas tubuh. Selain itu, dengan posisi tidur melingkar, kucing melindungi organ vital di perut mereka dengan otot dan tulang yang kurang esensial serta lebih tangguh.

Baca juga: 6 Bahan Smoothie Terbaik yang Bagus Memperlambat Penuaan Pada Wajah 

posisi tidur kucing dan artinya
Ilustrasi posisi tidur kucing terlentang (Unsplash/Jonathan Fink)
2. Posisi tidur kucing terlentang
Posisi tidur terlentang dengan memperlihatkan perut dan kaki direntangkan, memiliki arti yang berbeda dengan posisi tidur lainnya. Secara naluriah, kucing memposisikan diri dengan tidur seperti ini karena sedang melindungi organ tubuhnya yang rentan.

Jadi ketika mereka tidur terlentang, artinya merasa rileks, aman, dan percaya diri. Meski begitu, Anda tidak mencoba menggosok perutnya. Karena sebagian besar kucing akan berusaha membela diri saat disentuh pada area perut. Misalnya dengan menggigit, mencakar, atau menepuk.

3. Posisi tidur miring
Apabila kucing tidur miring dengan kaki terentang, artinya mereka merasa sangat nyaman. Namun, tidur miring termasuk cara kucing untuk lebih mudah melompat, berlari, dan merespons gerakan di sekitarnya. Sebagai hewan pemburu, posisi tidur kucing ini termasuk sehat bagi mereka. Karena ini membantu menjamin keamanan dan membantu tidur nyenyak.

posisi tidur kucing dan artinya
Ilustrasi posisi tidur kucing miring (Unsplash/ Keiwen Sun)
4. Posisi tidur kucing berbentuk roti
Posisi tidur yang menyerupai sepotong roti, mereka tetap menjaga kaki depan tetap melengkung di bawah tubuhnya dengan kepala menghadap ke atas. Posisi ini, bertujuan menjaga panas tubuh dan melindungi organ vitalnya. Dalam posisi ini, mereka mungkin santai tetapi juga siap beraksi dan menggunakan cakarnya jika tiba-tiba dalam bahaya.

5. Pose tidur seperti superman
Ketika kucing tidur dengan tumpuan pada perutnya, atau posenya mirip superman yang sedang terbang, menandai kenyamanan dan rileks. Namun, tetap saja perilaku hewan pemburu tak melulu pasti. Meski rileks mereka tetap siaga.

Dengan posisi ini, kucing juga melindungi perut. Kalau posisi ini dilakukan di tempat yang hangat, artinya mereka sedang membantu menghemat panas tubuh. Namun ketika dilakukan di ubin yang dingin, maka berarti sedang berusaha mendinginkan diri.

6. Kucing tidur di dada Anda
Kucing merupakan hewan yang berinteraksi dengan subjek terdekatnya. Jika mereka tidur di dada Anda, kemungkinan besar karena merasa nyaman dan percaya penuh. Ini sama seperti ketika kucing tidur meringkuk di dekat Anda, artinya posisi ini memberikan mereka kenyamanan.

Baca juga: The Glory Singgung Soal Buta Warna, Apakah Bisa Diturunkan Lewat Gen? 

7. Kucing tidur di kaki Anda
Saat kucing tidur di kaki Anda, mereka menjaga kaki Anda tetap hangat. Tetapi mungkin juga sedang mencari kehangatan dari Anda. Selain itu, mereka juga mencari tempat aman untuk berpindah tempat dengan mudah.

8. Posisi tidur kucing sehat
Kucing yang sehat, tidak akan memilih litter box sebagai tempat tidurnya. Ketika mereka memilih tidur di litter box, biasanya ada alasan medis, termasuk masalah saluran kemih atau pencernaan. Jika Anda menemukan kucing kesayangan tidur di kotak kotorannya, segera hubungi dokter hewan untuk memeriksa.

9. Kucing tidur dengan mata terbuka penuh atau sebagian
Kucing tidur dengan mata terbuka, baik terbuka penuh atau sebagian, karena mereka memasuki fase tidur REM (rapid eye movement). REM adalah tahap di mana kucing bermimpi, yang juga dialami 

 

***


Informasi Anda Genggam


Loading...