1 Desember: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari AIDS Internasional

Amastya
Kamis, 01 Desember 2022 | 08:13 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 1 Desember /ugdsb.ca R24/tya Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 1 Desember /ugdsb.ca

RIAU24.COM - Tanggal 1 Desember diperingati sebagai Hari AIDS Internasional atau World AIDS Day.

Baca juga: Jamur Cordyceps Muncul di Serial The Last of Us, Apakah Memang Bisa Ubah Manusia Jadi Zombie?

Hari AIDS Internasional diperingati setiap tanggal 1 Desember setiap tahunnya sejak 1988.

Tanggal 1 Desember merupakan hari ke-335 dalam setahun dan tersisa 30 hari lagi hingga kita mencapai akhir tahun.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 1918, Kerajaan Islandia pertama kali didirikan? Kerajaan berlangsung 26 tahun sebelum negara itu menjadi republik.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 1 Desember, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2020

Teleskop Arecibo Puerto Riko runtuh kurang dari sebulan setelah dinonaktifkan.

2018

Film animasi komputer ‘Spider-Man: Into the Spider-Verse’ tayang perdana di Los Angeles. Film tersebut kemudian memenangkan Academy Award untuk Film Animasi Terbaik pada tahun 2019.

2018

Penyiar Jepang NHK meluncurkan saluran televisi 8K definisi super tinggi pertama di dunia.

2003

Film terakhir dalam seri Lord of the Rings "The Return of the King," disutradarai oleh Peter Jackson, ditayangkan perdana di Wellington, Selandia Baru.

1999

Jay-Z menikam Lance Rivera. Di pesta rilis album artis lain, Jay-Z menuduh Lance Rivera mem-bootlegging albumnya sebelum dirilis dan menikamnya. Jay-Z mengaku bersalah dan dijatuhi hukuman tiga tahun masa percobaan.

1988

Hari AIDS Sedunia yang pertama kali dimulai dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran akan epidemi global AIDS.

Hari AIDS Sedunia dibentuk setelah kampanye pemilihan presiden Amerika Serikat pada 1988. Peringatan ini mulanya digagas oleh James Bunn dan Thomas Netter, dua anggota World Health Organization (WHO).

Menurut mereka, masyarakat akan tertarik dengan isu AIDS setelah setahun pasca kampanye Pilpres AS. Sejak itulah tanggal 1 Desember sebagai Hari AIDS Sedunia. Menariknya, Hari AIDS Sedunia juga menjadi peringatan kesehatan global yang pertama kali.

1984

NASA sengaja menabrakkan pesawat Boeing 720 untuk menguji teknologi keselamatan baru.

Dikenal dalam bahasa sehari-hari sebagai Crash in the Desert, eksperimen itu adalah proyek bersama antara NASA dan Administrasi Penerbangan Federal AS. Butuh lebih dari empat tahun untuk mempersiapkan tes, yang dilakukan melalui sistem remote control. Ditentukan bahwa hanya seperempat penumpang yang selamat dari kecelakaan itu. Butuh lebih dari satu jam untuk memadamkan kobaran api yang sangat besar.

1960

Paul McCartney dan Pete Best ditangkap.

Saat berada di Hamburg, Jerman, insiden yang disalahpahami tentang Paul dan Pete yang menggunakan api sebagai sumber cahaya mengakibatkan mereka ditangkap dan dideportasi atas tuduhan percobaan pembakaran. Mereka diberi waktu 5 menit untuk mengemasi barang-barang mereka, dan Pete Best harus meninggalkan drumnya.

1955

Rosa Parks ditangkap. Ketika dia menolak untuk pindah ke bagian belakang bus dan memberikan tempat duduknya kepada seorang penumpang kulit putih, Rosa Parks ditangkap di Montgomery, Alabama.

1941

Kaisar Jepang Hirohito menyetujui rencana yang ditetapkan oleh para penasihatnya untuk berperang melawan Amerika Serikat.

Kaisar Hirohito kemudian merenungkan bahwa dia secara pribadi tidak ingin berperang dengan Barat. Ketika dia masih muda, dia telah mengunjungi Inggris Raya dan berpikir bahwa kerja sama dengan Barat akan bermanfaat bagi Jepang. Hirohito tetap menyetujui rencana perang itu, karena dia yakin dia akan dibunuh jika tidak.

1919

Lady Nancy Astor dilantik, menjadikannya anggota perempuan pertama Parlemen Inggris.

1918

Kerajaan Islandia pertama kali didirikan.

1903

The Great Train Robbery, film Barat pertama, dirilis.

1865

Universitas Shaw, universitas kulit hitam historis pertama di Amerika Serikat bagian selatan, didirikan.

Universitas kulit hitam historis adalah universitas yang didirikan sebelum gerakan Hak Sipil tahun 1964 khusus untuk mahasiswa Afrika-Amerika. Universitas Shaw didirikan di Raleigh, Carolina Utara, bekas Negara Konfederasi.

1834

Perbudakan di Cape Colony, koloni Inggris di Afrika Selatan, dihapuskan oleh Undang-Undang Penghapusan Perbudakan 1833.

1822

Peter I dinobatkan sebagai Kaisar Brasil.

Baca juga: 28 Januari: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Privasi Data Global dan Hari Pengurangan Emisi CO2 Internasional

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 1 Desember.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...