Diduga Bocor, Sampan di Benteng Hulu Siak Tenggelam

Lina
Kamis, 01 Desember 2022 | 15:32 WIB
Diduga Bocor, Sampan  di Benteng Hulu Siak Tenggelam R24/lin Diduga Bocor, Sampan di Benteng Hulu Siak Tenggelam

RIAU24.COM - SIAK - Sampan penyebrangan yang menghubungkan antara Kampung Benteng Hulu dengan kecamatan Siak tenggelam saat hendak mengantarkan 10 orang penumpang menyebrang, Kamis (01/12/2020).


Sampan yang membawa 10 orang menumpang dan beberapa kendaraan bermotor juga sepeda dayung ini diduga mengalami kebocoran sehingga mengakibatkan tenggelam, beruntungnya tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut .

Adapun kronologi kejadian sekitar pukul 07.00 wib ,Adi selaku pilik sampan berangkat dari Dermaga Penyebrangan Sampan Kampung Benteng hulu menuju Seberang Siak dengan membawa penumpang sebanyak 10 orang beserta kendaraan sepeda motor R2 sebanyak 4 Unit, Sepeda Dayung sebanyak 5 Unit.

Sekira lebih kurang jarak 30 meter dari Dermaga penyebrangan Siak Ferry Lama sampan mulai dimasuki air dari arah depan dan samping dan berangsur mulai tenggelam di karenakan Over Kapasitas dan Posisi Para penumpang banyak yang berada di bagian depan dan pada saat air mulai banyak masuk para penumpang berteriak meminta bantuan sampan lainnya yang saat itu ada sampan lain datang membantu  yang juga pemilik sampan yang bekerja membawa penumpang, selanjutnya Sampan yang tenggelam di Apit oleh sampan pembantu dan Seluruh Penumpang dengan total 18 orang menaiki sampan untuk di bawa ke Dermaga Kampung Benteng Hulu.

 " Alhamdulillah pak, penumpangnya selamat,namun katanya ada sepeda motor hilang masuk dalam Sungai Siak," ungkap Siti, warga Siak yang menyaksikan perahu yang mengalami kebocoran.

 Hal itu dibenarkan oleh Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja SIK melalui Kasat Polair Polres Siak AKP Togar P. Silalahi , menurutnya, perahu yang ditunggangi oleh warga dan anak-anak sekolah  yang dikemudikan oleh inisial  AS itu diduga mengalami kebocoran dibagian haluan perahu, saat menyebrangkan 4 unit sepeda motor dan beberapa unit sepeda milik warga.

"Iya pak, benar, diduga perahu tersebut mengalami  kebocoran," ungkap Kasat Polair Polres Siak AKP Togar P. Silalahi.

Pimpinan Satuan Kepolisian Perairan Wilayah Hukum Polres Siak itu menjelaskan, perahu tersebut mengangkut warga dan anak sekolah. Saat hendak mencapai dermaga, perahu mulai karam yang diduga terjadi karena adanya kebocoran di bagian haluan perahu.

"Sekitar lebih kurang 30 meter menjelang tiba di dermaga, perahu sudah dimasuki oleh air, sehingga para penumpang berhamburan terjun ke sungai menyelamatkan diri. Sementara perahu tersebut segera diselamatkan oleh perahu penyebrangan lainnya, beruntung tidak ada korban jiwa saat terjadi kecelakaan ini," jelasnya.

 Lebih lanjut, AKP Togar juga menyampaikan bahwa, saat ini petugas kepolisian bersama masyarakat sedang melakukan pencarian terhadap 1 (Satu) unit sepeda motor merk NMax yang jatuh ke Sungai Siak.

"Ada satu unit sepeda motor yang tidak terselamatkan, saat ini personel Polair bersama warga masih melakukan pencarian," ungkapnya.

"Terkait kejadian tersebut, saat ini sedang dalam penyelidikan dan penyidikan pihak kepolisian. Pengemudi perahu tersebut sedang dimintai keterangan di Mapolsek Siak," pungkasnya.*


Siak
Informasi Anda Genggam


Loading...