Ukraina Tingkatkan Keamanan di Semua Kantor Luar Negeri Pasca Bom Surat di Kedutaan Kyiv di Madrid

Devi
Kamis, 01 Desember 2022 | 16:15 WIB
Ukraina Tingkatkan Keamanan di Semua Kantor Luar Negeri Pasca Bom Surat di Kedutaan Kyiv di Madrid R24/dev Ukraina Tingkatkan Keamanan di Semua Kantor Luar Negeri Pasca Bom Surat di Kedutaan Kyiv di Madrid

RIAU24.COM -  Sebuah bom surat melukai seorang petugas keamanan di kedutaan Ukraina di Madrid pada hari Rabu.

Menyusul insiden tersebut, Kyiv telah memerintahkan pengamanan yang lebih ketat di semua kantor perwakilannya di luar negeri. Surat itu tiba melalui pos biasa dan tidak dipindai. Mercedes Gonzalez, seorang pejabat pemerintah Spanyol, mengatakan kepada penyiar Telemadrid bahwa bom surat itu menyebabkan "luka yang sangat kecil" di salah satu jari petugas yang membukanya. 

Media lokal melaporkan bahwa sebuah perusahaan senjata di Zaragoza, timur laut Spanyol, juga menerima paket serupa. Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba memerintahkan semua kedutaan Kyiv di luar negeri untuk "segera" memperkuat keamanan dan mendesak Spanyol untuk menyelidiki serangan itu, kata seorang juru bicara kementerian.

Baca juga: Siswa Sekolah Menengah di Tennessee Membuat Tangan Robot untuk Membantu Teman Sekelasnya

Dia mengatakan bahwa para pelaku "tidak akan berhasil mengintimidasi diplomat Ukraina atau menghentikan pekerjaan sehari-hari mereka untuk memperkuat Ukraina dan melawan agresi Rusia."

Duta Besar Ukraina untuk Madrid, Serhii Pohoreltsev, tidak memberikan rincian bagaimana surat itu ditangani. Namun, dia mengatakan bahwa pekerja yang terluka telah mengikuti protokol dan kedutaan akan berusaha memperbaiki proses yang diikuti.

Pengadilan Tinggi Spanyol telah membuka penyelidikan atas serangan itu sebagai kemungkinan kasus terorisme, kata sumber yudisial.

Baca juga: Penembakan Sinagog di Yerusalem Sebabkan 7 Orang Tewas, Termasuk Pria Bersenjata

Pohoreltsev kemudian berkata, "Kami mendapat instruksi dari kementerian di Ukraina bahwa mengingat situasinya kami harus bersiap untuk segala jenis insiden ... segala jenis aktivitas Rusia di luar negeri." 

Perusahaan senjata di Zaragoza yang kabarnya juga menerima surat serupa telah teridentifikasi sebagai Installanza, produsen peluncur roket C90 yang disumbangkan Spanyol ke Ukraina. Ledakan yang terkandung dilakukan di pabrik dan tidak ada kerusakan yang dilaporkan, menurut media yang sama.

Daerah perumahan di sekitar kedutaan di Madrid barat laut ditutup dan unit penjinak bom dikerahkan ke tempat kejadian. 

***

 


Informasi Anda Genggam


Loading...