Presiden China Xi Bertemu Dengan Charles Michel, Hubungan Seperti Ini yang Diharapkan Keduanya

Devi
Kamis, 01 Desember 2022 | 16:50 WIB
Presiden China Xi Bertemu Dengan Charles Michel, Hubungan Seperti Ini yang Diharapkan Keduanya R24/dev Presiden China Xi Bertemu Dengan Charles Michel, Hubungan Seperti Ini yang Diharapkan Keduanya

RIAU24.COM - Dalam pertemuan tatap muka dengan presiden Dewan Eropa Charles Michel, Presiden China Xi Jinping berjanji untuk memperkuat komunikasi strategis dan koordinasi dengan Uni Eropa, lapor Reuters. 

Selama pertemuannya dengan Michel di Aula Besar Rakyat ibu kota China, Xi menyatakan keinginannya agar "lembaga-lembaga UE dan negara-negara anggota akan membentuk persepsi yang objektif dan benar tentang China", lapor penyiar resmi CCTV.

Baca juga: Filipina akan Ajukan Banding Atas Keputusan ICC Untuk Membuka Kembali Penyelidikan Perang Narkoba

Presiden China Xi memberi tahu Michel bahwa China akan tetap terbuka untuk perusahaan Eropa dan berharap UE akan menghilangkan campur tangannya untuk menyediakan lingkungan bisnis yang adil dan transparan bagi perusahaan China.

Menurut Xi, China dan Uni Eropa harus memperkuat koordinasi kebijakan makroekonomi mereka bersama dan akan memastikan keamanan dan stabilitas rantai pasokan industri.

Baca juga: Skotlandia Umumkan Pemerkosa Transgender akan Dipindahkan ke Penjara Pria

Michel memutuskan untuk mengunjungi Beijing meskipun ada protes yang semakin keras dan keterlaluan di berbagai bagian China terhadap penguncian Covid. Pertemuan itu berpusat pada rencana Michel untuk membuat Xi menggunakan pengaruhnya atas Moskow untuk menentang invasinya ke Ukraina. Dia juga berusaha untuk membahas hubungan bisnis dengan ibu kota UE dan mendesak sekutu Barat untuk mempertahankan sekutu dengan China. 

Seorang pejabat UE mengatakan bahwa dia menerima undangan dari Presiden China. 

Selama kunjungan satu harinya, kepala Uni Eropa Michel juga akan bertemu Perdana Menteri Li Keqiang dan Li Zhanshu, ketua komite tetap Kongres Rakyat Nasional. 

***


Informasi Anda Genggam


Loading...