5 Kesalahan Menggunakan Peralatan Masak Anti Lengket

Devi
Kamis, 01 Desember 2022 | 17:02 WIB
5 Kesalahan Menggunakan Peralatan Masak Anti Lengket R24/dev 5 Kesalahan Menggunakan Peralatan Masak Anti Lengket

RIAU24.COM - Peralatan masak anti lengket merupakan inovasi untuk semakin memudahkan orang-orang dalam memasak. Namun, pastikan berbagai peralatan masak anti lengket digunakan dengan tepat dan benar agar tahan lama digunakan. Oleh karena itu, ketahui apa saja kesalahan yang tidak boleh dilakukan pada peralatan masakan antilengket supaya tidak membuatnya cepat rusak. Dilansir dari Southern Living, Kamis, 1 Desember, berikut ini adalah lima kesalahan yang tidak boleh dilakukan terhadap peralatan masak anti lengket.

Mencuci Peralatan Masak Anti Lengket di Mesin Pencuci Piring
Menggunakan dishwasher atau mesin pencuci piring untuk membersihkan kotoran di piring memang praktis dan hemat waktu. Namun, tidak untuk alat masak anti lengket. Mencuci dengan tangan jadi pilihan terbaik. Pun, lapisan anti lengket di permukaan harusnya memudahkan Anda membersihkan peralatan masak ini. 

Sebelum dicuci, biarkan panci dingin hingga suhu kamar terlebih dahulu. Tujuannya untuk memastikan peralatan masak tidak melengkung karena suhu yang berfluktuasi. Setelah itu, gunakan air dingin dan spons atau sikat berbulu halus. Dengan beberapa tetes sabun cuci piring untuk membersihkan sisa makanan yang membandel. Selama wajan anti lengket Anda dalam kondisi baik, proses ini harusnya tidak memakan waktu.

Baca juga: 6 Bahan Smoothie Terbaik yang Bagus Memperlambat Penuaan Pada Wajah 

Menggunakan Bahan Pembersih Abrasif atau Peralatan Logam
Hindari penggunaan alat logam untuk membersihkan peralatan masak anti lengket. Sebab, alat tersebut dapat dengan mudah menggores lapisan anti lengket. Bahan pembersih abrasif seperti detergen, degreaser, dan larutan asam juga tak boleh digunakan untuk mencuci alat masak anti lengket. Menumpuk panci juga dapat menggores atau menggesek permukaannya. Jika harus disimpan dengan cara menumpuk alat,  maka letakkan lap piring di antara setiap peralatan untuk melindungi permukaan anti lengket.

Pergantian Suhu Ekstrim
Hindari mencuci langsung alat masak anti lengket sesaat setelah selesai masak. Diamkan terlebih dahulu hingga suhu alat mencapai suhu ruangan. Jika Anda menyimpan masakan dalam kulkas menggunakan wadah anti lengket. Hindari juga memanaskan masakan tersebut secara langsung di atas kompor atau microwave. Perubahan suhu drastis bisa merusak permukaan anti lengket dan menjadikan peralatan bengkok.

Baca juga: The Glory Singgung Soal Buta Warna, Apakah Bisa Diturunkan Lewat Gen? 

Memanaskan Panci Tanpa Makanan
Jangan biarkan wajan Anda memanas tanpa makanan atau cairan di dalamnya. Panci dapat memanas ke suhu yang tidak aman dalam rentang waktu beberapa menit atau kurang. Jadi mengisi sesuatu di dalam panci akan membantu mengatur suhu, menghindari kerusakan, dan mencegah munculnya asap. Membiarkan peralatan masak anti lengket terlalu panas meski ada isinya juga tidak disarankan. Sebaiknya hindari tingkat panas yang melebihi pengaturan sedang di atas kompor Anda. Suhu panas yang tinggi di dalam oven juga tidak disarankan.

Menggunakan Cooking Oil Spray
Lesitin, zat lemak yang berfungsi menjaga rasa makanan yang terkandung dalam cooking oil spray adalah musuh lapisan anti lengket yang ada di peralatan masak. Jika Anda hanya ingin menghilangkan sedikit debu di permukaan, gunakan oil spritzing yang biasa digunakan untuk Air Fryer.

 

***


Informasi Anda Genggam


Loading...