Hadiri Pelantikan 12 TP-PKK kecamatan, Wabup Husni Minta Program PKK Bisa Menyesuaikan Dengan Program Pemda

Lina
Kamis, 08 Desember 2022 | 09:35 WIB
Hadiri Pelantikan 12 TP-PKK kecamatan, Wabup Husni Minta Program PKK Bisa Menyesuaikan Dengan Program Pemda R24/lin Hadiri Pelantikan 12 TP-PKK kecamatan, Wabup Husni Minta Program PKK Bisa Menyesuaikan Dengan Program Pemda

RIAU24.COM - SIAK- Wakil Bupati Siak Husni Merza menghadiri Pelantikan dan Serah Terima Jabatan 12 Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kecamatan dalam Kabupaten Siak, di Gedung Tengku Maharatu Siak, Rabu (7/12/22).

Pelantikan dan Serah Terima Jabatan 12 Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kecamatan tersebut, dilakukan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak Rasidah Alfedri. Turut hadir Camat se-Kabupaten Siak, Ketua Organisasi Wanita beserta anggota, Pengurus TP-PKK Kabupaten Siak, Kecamatan, Kampung dan Kelurahan, serta OPD terkait.

Wakil Bupati Siak Husni Merza menyampaikan, sebagai mitra strategis pemerintah PKK menjalankan peran yang sangat penting dan signifikan, terutama dalam meningkatkan pemberdayaan perempuan dan kesejahteraan keluarga. Serta turut mendukung dan menyukseskan berbagai program pemerintah daerah, terutama yang sejalan dengan 10 Program Pokok PKK dengan ikhlas dan suka rela.

Berdasarkan Rapat Konsultasi (Rakon)
PKK Tingkat Provinsi Riau yang digelar di
Pekanbaru pada tanggal 24-26 Oktober 2022 yang lalu, dapat diketahui bahwa masih ada sejumlah kendala yang dihadapi oleh PKK. 

"Untuk itu, melalui kesempatan ini saya berpesan kepada ibu-ibu Ketua PKK kecamatan untuk dapat memahami tentang 10 program PKK dan program prioritas dengan baik, agar dapat dilaksanakan secara maksimal. Serta menerapkan hasil Rakernas IX PKK tahun 2021 di wilayah kecamatannya" sebut Wabup Husni.

Sebagaimana diketahui, lanjutnya, hasil Rakernas IX PKK tahun 2021 memuat rencana induk dan strategi gerakan PKK tahun 2021-2024. Yang menekankan pada 4 pokok prioritas, yaitu Ketahanan ekonomi, Revolusi mental, Memperkuat pelayanan dasar, dan Lingkungan hidup.

Agenda gerakan PKK 2021-2024 tersebut diimplementasikan setiap tahun melalui 10 program pokok PKK, yang dilaksanakan oleh setiap tim penggerak PKK di semua tingkatan baik pusat maupun daerah. 

"Agar agenda gerakan PKK tersebut dapat terlaksana dengan baik dan sukses, maka sangat dibutuhkan peran dan kontribusi dari semua pihak terutama internal PKK itu sendiri, termasuk dari para
Ketua TP-PKK kecamatan serta kampung/kelurahan. Maka diharapkan
ketua TP-PKK kecamatan juga dapat melaksanakan pembinaan ke PKK kampung/kelurahan yang ada di wilayahnya" ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Siak Rasidah Alfedri mengharapkan TP-PKK beserta pengurus se-Kabupaten Siak bisa menjadi penggerak juga sebagai motivator, fasilitator promotor, dan edukasi dari semua kegiatan-kegiatan serta program kerja yang ada di kecamatan.

"Saya berharap kepada ibu-ibu ketua TP-PKK beserta seluruh pengurus bisa bekerjasama tentunya dengan lintas sektor terkait. Kemudian bersinergilah dengan organisasi perempuan di sana" ungkapnya.

Selain itu, Rasidah juga mengharapkan ketua TP-PKK kecamatan beserta pengurus untuk terus melakukan pembinaan secara terus-menerus, baik kepada para kader PKK, kelompok-kelompok Dasa Wisma serta masyarakat luas. Kemudian juga berperan aktif dalam melaksanakan pembangunan terutama dalam melaksanakan 10 program pokok PKK. 

"Saya berharap kepada ibu-ibu ketua TP-PKK kecamatan beserta seluruh pengurus harus mau, tau, serta, mampu dan menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga yang berkualitas. Baik dari segi pendidikan, moral, sosial budaya, kesehatan, ekonomi maupun lingkungan hidup, sesuai dengan pokja-pokja yang kita petakan,"harapnya.

Usai pelaksanaan pelantikan dan serah terima jabatan 12 PKK Kecamatan dalam Kabupaten Siak, dilanjutkan dengan kegiatan Seminar Sehari Publik Speaking dan Keserasian Berbusana Bagi Ketua TP-PKK Kecamatan, Kampung dan Kelurahan Se-Kabupaten Siak Tahun 2022.*


Siak
Informasi Anda Genggam


Loading...