Harus Kuat, Inilah 5 Fakta Kehidupan Yang Harus Anda Jalani

Devi
Rabu, 01 Februari 2023 | 22:59 WIB
Foto : Suara.id R24/dev Foto : Suara.id

RIAU24.COM - Fakta tentang hidup tentu saja menjadi hal yang menarik untuk dibahas.

Sebab, kehidupan ini sejatinya adalah suatu hal yang gak bisa diprediksi. Semisal hal-hal yang kita anggap sepele, bisa jadi malah berdampak besar nantinya.

Memang, ada banyak hal terjadi gak semudah yang dibayangkan, namun lagi-lagi semua itu ada di kendali kita.

Setidaknya ada lima fakta kehidupan yang harus kamu jalani. Simak ulasannya dan jangan di skip, ya!

Baca juga: 31 Maret: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Menara Eiffel

1. Jika bukan kamu yang memulai, mimpi kamu hanya jadi wacana

ilustrasi wanita berusaha (Unsplash.com/ Christina @ wocintechchat.com)ilustrasi wanita berusaha (Unsplash.com/ Christina @ wocintechchat.com)

Setiap orang rasanya pasti pernah bermimpi, kan? Bukan tanpa alasan, mimpi entah itu kecil atau besar terkadang juga membuat kita lebih bersemangat. Meskipun begitu, faktanya tanpa kita yang memulai sendiri, mimpi tersebut hanya akan jadi wacana.

Misalnya saja saat kita ingin mempelajari hal baru. Belum dimulai saja, terkadang kita sudah memikirkan hal buruk, atau bahkan takut keluar dari zona nyaman, dsb. Meskipun wajar, namun pada akhirnya ini justru akan membuat kita takut untuk mencoba sesuatu.

Maka dari itu, lebih beranilah untuk memulai mimpi itu. Percayalah, mimpi sekecil apa pun kalau kamu berani memulai, ada dampak positif yang bisa dipetik. Sebab, meskipun gak selalu menghasilkan hasil yang besar, setidaknya pengalaman kamu juga akan bertambah.

2. Masalah dan tantangan akan selalu ada dalam hidup

ilustrasi pria berpetualang (Unsplash.com/ Luke Pamer)ilustrasi pria berpetualang (Unsplash.com/ Luke Pamer)

Fakta hidup berikutnya yang harus diketahui yaitu masalah dan tantangan akan selalu ada. Ini bisa dibilang merupakan skema terus-menerus dan akan berulang. Yang mana bisa terjadi karena faktor internal atau eksternal dalam diri.

Namun sayangnya, kita sering lupa bahwa masalah dan tantangan hidup itu selalu ada. Misalnya, dengan menganggap bahwa kebahagiaan akan tetap seperti itu, yang akhirnya memicu rasa sombong. Atau malah sebaliknya, menganggap hidup terus susah, yang akhirnya jadi makin terpuruk.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, perlahan kamu perlu mengubah perspektif atau cara pandang akan sesuatu. Ini akan membantu kamu melihat hal positif dari sesuatu yang terlihat negatif. Sehingga, meskipun gak selalu maksimal, nantinya akan ketemu solusi yang tepat.

3. Menyelesaikan apa yang kamu mulai lebih baik dibanding membuatnya sempurna

ilustrasi wanita duduk (Unsplash.com/ Standsome Worklifestyle)ilustrasi wanita duduk (Unsplash.com/ Standsome Worklifestyle)

Gak bisa dimungkiri, dalam menjalani kehidupan sehari-hari seringkali kita juga ingin menyelesaikan sesuatu dengan sempurna. Tujuannya mungkin baik, agar aktivitas atau tugas dapat selesai dengan baik pula. Namun, sifat perfeksionis justru bisa menimbulkan rasa malas atau bahkan bisa menimbulkan gangguan fisik dan mental.

Maka dari itu, menghindari sifat perfeksionis juga penting. Karena faktanya, menyelesaikan apa yang kamu mulai justru lebih baik dibanding menjadikannya sempurna. Sebab, ini akan membuat kita lebih konsisten, tanpa terlalu khawatir akan kemungkinan baik atau buruk yang akan terjadi.

Baca juga: Hukum Pamer Foto Makanan-Minuman di Medsos saat Puasa Ramadan

4. Melakukan sesuatu untuk orang lain merupakan cara cepat meningkatkan hidup

ilustrasi support system (Unsplash.com/ Rémi Walle)ilustrasi support system (Unsplash.com/ Rémi Walle)

Sering kali kita berpikir bahwa untuk menghargai hidup, berarti kita harus memiliki sesuatu yang dibanggakan. Entah itu prestasi, harta benda, dsb. Yang akhirnya kalau tidak memiliki itu, kita akan merasa rendah diri atau bahkan cenderung membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Padahal, menghargai hidup itu bukan hanya tentang fokus pada diri sendiri saja. Karena faktanya, melakukan sesuatu untuk orang lain juga hal yang bisa meningkatkan hidup. Bukan hanya mencari kebahagiaan saja, namun ini akan membuat hidup lebih damai dan juga sarana yang tepat untuk berdampak bagi orang lain.

 5. Kebahagiaan dan kesedihan berasal dari pikiran kamu sendiri

ilustrasi pria introspeksi (Unsplash.com/ Ashton Bingham)ilustrasi pria introspeksi (Unsplash.com/ Ashton Bingham)

Fakta terakhir kehidupan yang harus dijalani yaitu kebahagiaan dan kesedihan berasal dari pikiran kita sendiri. Kalau gak percaya, coba deh kamu memikirkan hal-hal yang menakutkan atau menyedihkan. Secara gak langsung ini akan memicu perasaan takut dan sedih juga, kan.

Namun, sedikit berbeda jika kamu mencoba untuk tetap rileks saat memiliki masalah. Dengan menekuni hobi misalnya, maka sugesti pikiranmu juga akan lebih bahagia. Meskipun gak selalu maksimal, setidaknya cara ini akan membuat kamu lebih tenang.

Faktanya, hidup memang memberikan banyak pengalaman gak terduga. Misalnya saja saat kita menginginkan kebahagiaan saja, ternyata situasi sulit juga gak bisa dihindari. Wajar, yang paling penting yaitu kita sadar akan hal tersebut dan mencari solusi yang tepat. ***


Tahukah Anda
Informasi Anda Genggam


Loading...