2 Februari: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Lahan Basah Sedunia dan Hari Kesadaran Rheumatoid Arthritis

Amastya
Kamis, 02 Februari 2023 | 08:11 WIB
Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 2 Februari /istock R24/tya Berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 2 Februari /istock

RIAU24.COM - Tanggal 2 Februari diperingati sebagai Hari Lahan Basah Sedunia dan Hari Kesadaran Rheumatoid Arthritis.

Baca juga: 5 Zodiak Ini Sangat Bergantung pada Pasangannya

Hari Lahan Basah Sedunia diperingati setiap tanggal 2 Februari sejak tahun 1997 dan Hari Kesadaran Rheumatoid Arthritis.diperingati sejak tahun 2013.

Tahukah Anda bahwa pada hari ini di tahun 1852, London membuka toilet pembilasan umum pertama di dunia? Saluran air terhubung ke selokan yang mengalir langsung ke Sungai Thames.

Tidak hanya itu, berikut beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 2 Februari, dirangkum Riau24 dari berbagai sumber:

2022

Sebuah roket SpaceX Falcon 9 mengangkut muatan Kantor Pengintaian Nasional AS ke orbit.

Misi tersebut, NROL-87, sayangnya sangat rahasia, tetapi diasumsikan bahwa muatannya adalah semacam satelit mata-mata, mengingat NRO membangunnya. Ini adalah pertama kalinya roket Falcon 9 digunakan untuk misi NRO.

Setiap misi NRO memiliki tambalan yang dibuat khusus, dan NROL-87 tidak berbeda - kali ini, tambalan tersebut menampilkan seekor kambing gunung liar yang siaga tinggi di atas puncak gunung.

2022

Tesla menarik kembali 54.000 Sedan Model S, Sedan Model 3, SUV Model Y, dan SUV X mereka karena kerusakan perangkat lunak pada fitur ‘Full Self Driving’ mereka.

2019

Empat puluh mumi ditemukan dan digali di Tuna el-Gebel, Kairo Selatan, Mesir. Mumi-mumi itu diyakini berasal dari 323-30 SM.

2013

Hari Kesadaran Rheumatoid Arthritis diperingati pada tanggal 2 Februari setiap tahunnya.

Hari ini dicetuskan oleh The Rheumatoid Patient Foundation pada 2013 dengan tujuan untuk menyebarkan kesadaran tentang penyakit tersebut.

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang menyerang sendi dan menyebabkan peradangan serta kondisi berbahaya lainnya.

Rheumatoid arthritis juga merupakan salah satu kondisi autoimun yang paling umum ditemukan di dunia. Hingga kini, belum ada obat untuk menyembuhkan kondisi ini.

Namun, pengobatan yang tepat dapat membantu mengatasi gejala dan menghambat perkembangan rheumatoid arthritis.

Dengan adanya hari kesadaran ini diharapkan dapat menyebarkan kesadaran tentang bahaya rheumatoid arthritis dan bagaimana melawan kondisi tersebut.

2009

RuPaul's Drag Race season 1 memulai debutnya di Logo TV. BeBe Zahara Benet memenangkan kontes dengan merebut hadiah uang tunai sebesar $20,000.

2000

Jaringan TV Oksigen memulai debutnya di kabel.

1997

Hari Lahan Basah Sedunia diperingati secara global pada tanggal 2 Februari setiap tahun. Hari ini dibuat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya lahan basah bagi dunia dan keragaman kehidupan yang ada di dalamnya.

Hari Lahan Basah Sedunia pertama kali diselenggarakan oleh sekelompok pecinta lingkungan yang ingin merayakan dan melindungi lahan basah pada 1997.

Tanggal 2 Februari dipilih untuk menandai tanggal ketika Konvensi Lahan Basah disusun dan disetujui oleh negara-negara peserta sidang yang digelar di kota Ramsar, Iran, pada 1971.

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) kemudian mengakui upaya para pecinta lingkungan dan pentingnya melindungi lahan basah ini sehingga secara resmi menetapkan Hari Lahan Basah Sedunia untuk dirayakan secara global pada 2021.

Selain untuk menyebarkan informasi tentang pentingnya lahan basah, Hari Lahan Basah Sedunia juga bertujuan untuk mendorong masyarakat dan pemerintah untuk mengambil tindakan dalam mencegah hilangnya lahan basah.

1974

‘The Way We Were’ oleh Barbra Streisand mencapai nomor satu di tangga lagu Billboard 100.

Ini adalah hit nomor satu pertama Streisand di AS. Itu juga merupakan lagu No. 1 Billboard dan bahkan memenangkan Academy Award untuk Lagu Terbaik pada tahun 1974.

1952

Label fesyen kelas atas Givenchy dihadirkan untuk pertama kalinya di Paris, dengan model pertama adalah Bettina Graziani.

1935

Tes poligraf dilakukan oleh penemunya, Leonarde Keeler, untuk pertama kalinya.

Sementara Keeler telah menguji penemuannya, ini adalah pertama kalinya dia menggunakannya untuk membantu penyelidikan kriminal. Kedua tersangka yang dites kemudian menyatakan diri bersalah berdasarkan bukti dari tes lie detector.

1928

Kebakaran Great Fall River menghancurkan banyak bisnis di pusat kota di Fall River, Massachusetts.

Meskipun tidak ada kematian yang terjadi, lima blok kota hancur total. Kebakaran itu dikenal sebagai yang terburuk yang terlihat di Fall River.

1925

Toko ritel Sears pertama dibuka di Chicago.

1913

Grand Central Terminal dibuka di New York City.

1901

Pemakaman Ratu Victoria berlangsung di Kapel St. George, Kastil Windsor, Inggris.

1852

London membuka toilet pembilasan umum pertama di dunia. Toilet itu terletak di 95 Fleet Street.

1709

Kapten William Dampier menyelamatkan Pelaut Inggris Alexander Selkirk setelah 52 bulan ditinggalkan di sebuah pulau.

Kisah Selkirk menginspirasi Daniel Defoe untuk menulis ‘Robinson Crusoe.’

Baca juga: 21 Maret: Fakta dan Peristiwa Tanggal Ini, Hari Puisi Sedunia

Itulah beberapa fakta dan peristiwa tercatat sejarah yang terjadi pada tanggal 2 Februari.

(***)


Informasi Anda Genggam


Loading...